Beberapa hari terasa ada yang kurang karena memang beberapa hari belakangan terpaksa CakSis belum bisa update post terbaru di blog tercinta. Walaupun begitu tidak berarti harus ditinggalkan karena waktu sebegitu fleksibelnya untuk seseorang yang bekerja di depan komputer berbekal koneksi internet dan secangkir kopi tentunya. Mau dibuat bekerja 5 menit pun sebenarnya insya Allah sudah cukup, tapi akan terasa kurang apabila sudah mulai membuka beberapa halaman informasi terbaru yang bertebaran di dunia maya, baik itu tentang politik, hiburan, informasi dan terlebih lagi sebuah pintu bisnis yang prospeknya juga menjanjikan.

Selama kita akses internet, pasti tidaklah asing dengan beberapa alamat website seperti google.com, facebook.com dan lain sebagainya. Alamat website tersebut untuk istilahnya adalah disebut dengan Domain. Dan penamaan domain ini sendiri untuk beberapa brand atau merk tertentu sekaligus sebagai bagian daripada brand itu sendiri. Apalagi di jaman sekarang ini dengan kemudahan akses informasi tidak terbatas, tentunya sebuah brand atau domain yang mudah di ingat kembali adalah sangat diperlukan.

Cobalah tengok beberapa merk terkenal di dunia, seperti Nike, Adidas, Philips bahkan Aqua pun memiliki domain sesuai dengan merk nya. Atau mungkin CakSis sendiri juga bisa jadi sebagai domain yang mudah di ingat untuk panggilan akrab kepada penulis. Kebanyakan Domain dengan merk terkenal tersebut memang hanya memiliki 1 kata singkat, terdiri dari mungkin 4-6 huruf relatif sehingga mudah dalam penyebutannya. Dan hal itulah yang jadi patokan utama nilai sebuah domain, selain usia domain dan traffic nya.

Namun untuk mendapatkan penamaan domain yang singkat tersebut tidaklah mudah. Mungkin untuk di tahun-tahun awal penggunaan internet di akhir tahun 90 an hal itu masih bisa dilakukan dengan mudah karena pengguna internet tidaklah sebanyak sekarang. Dengan pertumbuhan tersebut juga diperkirakan sudah ratusan juta bahkan milyaran nama domain yang terdaftar. Maka dari itu disinilah letaknya diperlukan riset lebih jauh hanya untuk mencari nama domain yang memiliki nilai lebih. Dan itu sangat memerlukan waktu lebih banyak kalau tidak tahu ilmunya.

Bisnis Domaining ini sebenarnya juga sudah lama ada. Namun CakSis baru memperdalamnya lagi baru-baru ini karena kebetulan ada jalan menemukan teman yang sudah lama berkecimpung di situ. Langkah per langkah mulai praktik yang paling mudah sampai ke yang membutuhkan riset lebih dalam dengan memadukan keyword dan brand yang ada di database marketplace.

Sebagai contoh domain CakSis.com ini pada ide awalnya memang sebagai blog pribadi. Mulailah dalam berpikir nama domain apa yang kira-kira cocok yang bisa identik dengan nama penulis?? Maunya sih sesuai nama penulis W***s.com, tapi kok sudah ada yang register dengan nama tersebut. Sampai pada akhirnya teringat panggilan masa kecil dahulu, juga teringat panggilan akrab beberapa teman dan jadilah domain ini. Untuk daftarnya relatif murah hanya 100 ribuan, namun disitulah letak nilai ekonomisnya apabila nama domain tersebut suatu saat menjadi brand tertentu, maka nilainya akan naik berlipat-lipat dan brand tertentu yang sudah memiliki nama besar tidak sungkan-sungkan untuk mengeluarkan duit mereka dengan nominal yang jauh lebih besar untuk take over domain lain.