Brand atau istilah mudahnya adalah sebuah merk, simbol, atau tanda khusus yang melekat pada suatu produk. Branding adalah suatu cara atau metode untuk mengejar “trust” dari orang-orang atau konsumen agar dalam alam bawah sadar mereka, ketika di ingatkan tentang suatu simbol, kata-kata, atau tanda, maka orang itu akan langsung menyebut brand kita.

Branding mulai populer pada saat ini, apalagi sekarang industri startup atau perusahaan yang baru berkembang untuk mencari pangsa pasar mulai ingin bersaing guna merebut “trust” tersebut dari pemain lama. Banyak sekali seminar dan workshop yang pernah diadakan untuk metode branding ini. Baik metode online atau offline tujuannya adalah sama, merebut “trust” dari konsumen untuk beralih ke brand yang kita miliki.


Beberapa kata bermerk yang seringkali kita ingat seperti jika kita ingat air mineral pasti kita akan ingat merk “A**a”, atau jika kita ingat pompa air pasti kita akan menyebut “S***o”, padahal dalam pasar yang dibutuhkan konsumen terdapat banyak merk untuk air mineral atau pompa air. Itulah branding yang walaupun secara tidak sadar kita akan teringat merk tersebut.

Khusus “CakSis” ini bukanlah membahas soal produk atau menghasilkan sebuah produk tertentu. Namun bayangan untuk meraba sebuah peluang di depan mata sebenarnya sudah jelas terbayang. Membangun sebuah harapan, sebuah kepercayaan baru dan sebuah kosakata brand baru dalam dunia online. Bukan hal yang mudah untuk itu, masih butuh periode panjang dalam sebuah kesuksesan. Apalagi dengan hanya cukup “privilege” yang juga masih dalam tahap membangun.

Dalam tahap saat ini masih terdapat 2 pengembangan dari brand CakSis, sebuah developer aplikasi Android dan sebuah website baru dengan tema baru juga yang masih berumur beberapa hari. Tentu saja sebagai pemain tunggal dalam pengembangan brand “CakSis”, sebuah proses tersebut akan terasa lebih lambat. Namun seiring dengan sebuah usaha, akan juga insya Allah seiring dengan hasil yang didapat.