Mendengar kata donor darah pasti orang akan berpikir 1000x untuk melakukannya. Ada banyak alasan untuk menolak, yang takut sakit, takut jarum, takut malah kurang darah, takut malah bikin sakit ke badan, dan sebagainya alasan yang tidak relevan. Donor darah masih dianggap menakutkan untuk dilakukan karena berbagai mitos yang beredar di masyarakat.

Darah memang komponen utama dalam tubuh manusia. Akan sangat berbahaya jika kita kekurangan volume darah karena sebab kecelekaan atau sebab lainnya, dan kita butuh bantuan orang lain untuk memasukkan darah segar ke dalam tubuh kita sebagai pengganti darah kita yang keluar karena hal diatas. Volume darah manusia sudah ada jatahnya sebesar lebih kurang 5,5 Liter atau sekitar 7% berat badan kita lebih tepatnya.

Nah sedangkan saat kita donor darah kita hanya mengambil 350 ml, jadi tidak akan menimbulkan efek apa-apa karena tubuh secara alami akan meregenerasi sel darah baru untuk menambalnya. Coba bayangkan ibarat sel-sel baru yang teratur setiap 2 bulan sekali meregenerasi dalam tubuh kita, bukankah akan membuat selalu fresh yang justru akan meningkatkan kinerja sel darah tersebut dalam tugasnya sebagai penghantar berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Seandainya saja fungsi sel kulit atau sel lain bisa meregenerasi juga secara teratur dipastikan manusia tidak akan pernah mengalami keriput dan badan selalu fit terus…hahaha, jadilah kita seperti superman nantinya.

Minim usia 17 tahun, wajiblah bagi kita untuk donor darah. Ada bonus khusus juga untuk cek darah kita seperti yang biasa dilakukan di Laboratorium Kesehatan untuk mencegah penyakit berat seperti AIDS dan Hepatitis, tanpa bayar lagi. Dan dengan melakukan donor darah, maka kita sudah berupaya dalam menjaga dan menolong kesehatan orang lain, bisa menyelamatkan nyawa orang lain.