Bahas tentang makanan/kuliner sekarang ini sudah masuk ranah wisata ya ..?

Soal makan memang setiap orang memiliki selera yang berbeda, bahkan suami dengan istri pun seringkali juga tidak sama, suami suka manis, istri suka gurih…ya itulah masalah selera tidak bisa dipaksakan. Setiap kota memiliki ciri khas kuliner yang dimiliki dan biasanya itulah yang menjadi tujuan untuk dirasakan karena dorongan penasaran mencicipi rasa.

Khusus Lumajang, dengan sebutan khasnya sebagai Kota Pisang, tentu saja dikarenakan demikian banyak industri berbahan pisang yang ada di kota ini. Ada banyak turunan dari pisang ini, yang umum adalah keripik pisang, selai pisang, nugget pisang, pie pisang, dan banyak lagi macamnya.

Tentang makanan, kalo menurut CakSis khusus kota Lumajang belum memiliki chri khas tersendiri, seperti halnya Yogya dengan Gudeg-nya, Pulau Madura dengan sate-nya, Nguling dengan rawon-nya. Walaupun sebenarnya banyak warung-warung legend (sudah lama berdirinya) dan depot yang bertebaran, namun semua menyajikan makanan yang memang sesuai selera dari pembeli.

Ada warung Mak Neron di kawasan Pasar Baru Lumajang, ada kawasan Pusat Jajanan Rakyat (PJR) di kawasan Jl. Dr. Soetomo, ada warung rujak yang bukanya waktu malam saja di kawasan Toko Kencana, dan yang baru-baru ini ada Foodland di kawasan Jl. Brigjend Slamet Riyadi dan masih banyak lagi depot- depot seperti Depot Nirmala, Depot Kemayoran, Depot Bu Kaji dan sebagainya.