Istilah Developer kalau diartikan secara langsung adalah berarti Pengembang. Kalau dalam dunia nyata, mungkin bisa jadi profesi Developer identik dengan Developer Property yang berarti seorang Pengembang di bisnis perumahan. Namun dalam dunia maya, profesi Developer bisa mempunyai makna yang lebih dari satu tergantung jenis program yang sedang dikembangkannya.

Developer dalam dunia maya adalah pemrogram komputer dan sekaligus pengembang perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, seperti Perl, C++, Python, VB, Visual Basic .NET, PHP dan yang sedang menjadi pokok bahasan disini adalah Android Developer. Android sendiri adalah sistem operasi yang dimotori oleh Google untuk digunakan pada perangkat handphone.


Sebagaimana kita ketahui perkembang dunia mobile begitu pesatnya mulai lebih dari 2 dekade silam. Dimulai dari perangkat mobile yang hanya bisa untuk sekedar SMS dan Call, namun sekarang pada perangkat mobil smartphone kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan layaknya menggunakan perangkat komputer. Kita bisa bermain game, bisa melakukan pekerjaan kantor seperti mengetik, mengirim email dan membuat laporan singkat, bisa berkomunikasi melalui video panggilan, dan lain-lain yang masih banyak kemampuan smartphone yang tentunya akan semakin berkembang di tahun-tahun mendatang.

Semua kemampuan yang tertanam dalam smartphone tersebut tentulah tidak lepas dari peran para Android Developer yang membuat berbagai macam aplikasi baik gratisan atau berbayar yang kita tinggal download di Google Playstore. Namun tahukah Anda bahwa kesuksesan para Android Developer bisa menghasilkan puluhan juta rupiah walaupun hanya dengan membuat aplikasi gratisan ???

Pada sekitar 1-2 bulan belakangan ini, CakSis juga sedang belajar sedikit-sedikit untuk membuat aplikasi berbasis Android. Aplikasi yang CakSis kerjakan ini merupakan hasil reskin atau modifikasi dari sebuah source code yang sudah jadi. Aplikasi ini CakSis beri nama “Resep Dapur K-link”.Berisi tentang beberapa resep makanan dan minuman yang menggunakan beberapa produk suplemen herbal dari K-link.

Apa yang dalam Aplikasi ini masih dalam tahap belajar yang tentu saja jauh dari sempurna. Dalam beberapa minggu atau bulan ke depan, pasti akan ada update terbaru untuk resep berikutnya. Yang mau mencoba, silahkan bisa klik link di bawah :

Get it on Google Play

Terima kasih.