Youtuber bisa jadi adalah kosakata baru di era milenial ini yang muncul bersamaan dengan musim trend “Youtube”. Youtuber adalah seorang kontent kreator yang menampilkan ide kontent nya melalui platform Youtube. Menjadi seorang Youtuber bisa jadi merupakan pekerjaan utama ataupun hanya sebagai sampingan saja, tergantung kemampuan dan kemauan Youtuber itu sendiri. Karena di jaman sekarang, pekerjaan tidaklah harus di depan meja kantor dengan seragam khusus.

Ide kontent sama halnya dengan seorang penulis, yang harus di telusuri dan memiliki gambarang tentang apa-apa yang akan ditampilkan dan dimuat sebagai satu kesatuan isi kontent tersebut. Idealnya ide tersebut haruslah original dengan penyampaian yang original pula yang akan menjadi nilai tersendiri bagi penikmat kontent tersebut. Sebuah karya akan lebih dihargai jika kita berusaha sendiri untuk membuatnya, namun memang terkadang untuk menampilkan sebuah karya atau kontent terkadang kita harus berusaha lebih dengan mengeluarkan tenaga, waktu, dan tentu saja dana tersendiri.


Lagi ramai sekarang channel Youtube “Calon Sarjana” yang ternyata walaupun sudah memiliki subscriber jutaan orang, namun pada isi kontent nya ada hasil dari plagiat/meniru kepunyaan Youtuber yang lain. Memang pada kenyataannya untuk menjadi seorang plagiat di Youtube adalah sangat mudah sekali. Hanya tinggal edit beberapa bagian, jadilah versi kontent video milik Anda yang tentu saja untuk beberapa orang yang jeli tetap tidak dapat menutupi keaslian dari hasil video tiruan tersebut.

CakSis pun pernah menjadi seorang Youtuber. Walaupun tidak lama karena terkena badai banned, akhirnya berhenti juga karena belum bisa menghasilkan kontent video yang murni hasil usaha sendiri. Jadi sebuah usaha untuk menjaga keaslian video kita memang benar-benar diperlukan supaya channel Youtube yang kita bangun tetap awet .

Banyak ide yang bisa menjadi acuan untuk menjadi seorang Youtuber. Bisa dibilang mudah, tapi tidak jarang akan menjadi sulit juga kalau kita tidak terbiasa untuk tampil di depan kamera. Membuat vlog tentang kehidupan kita sehari-hari, meliput acara jalan-jalan ke tempat wisata sambil mereview alam sekitarnya, review gadget, dan masih banyak yang lain sesuai dengan kesukaan kita. Karena hobi yang baik adalah hobi yang bisa menghasilkan uang.

Cobalah lihat beberapa Youtuber yang sudah sukses bahkan bisa membeli berbagai hal kemewahan. Namun terlepas dari kesuksesan tersebut, pastilah dibutuhkan sebuah team kerja yang solid dengan kemampuan editing video yang kreatif pula. Yang menarik juga bahwa gaji seorang Youtuber adalah dalam mata uang $$$ (dollar Amerika). Bayangkan kerja santai, gaji pun dollar..

Jadilah kreatif…luangkan waktu Anda dan telusuri apa yang Anda minati dan tuangkan semuanya dalam bentuk video…Good Luck.