Hari ini sudah mulai masuk hari pertengahan di bulan Ramadhan. 10 hari kedua bulan Ramadhan merupakan hari-hari yang penuh dengan ampunan dari Allah. Pintu taubat dan ampunan dibuka selebar-lebarnya untuk orang-orang yang mau mengambilnya. Semakin dekat dengan datangnya Hari Raya yang juga ditunggu-tunggu kedatangannya oleh sebagian besar umat Muslim.

Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang istimewa dalam agama Islam. Selalu identik dengan kegembiraan dan kebahagiaan, bukan saja karena seusai melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan janji Allah bahwa umat Islam akan kembali fitrah bersih dari dosa, namun juga karena di Hari Raya tersebut sudah menjadi kebiasaan di Indonesia bahwa semua umat Islam biasa berkumpul kembali dengan keluarga besar mereka.

Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah tahun ini juga akan berlangsung dalam suasana tersendiri. Keramaian dan kegembiraan itu akan tetap ada, namun pasti dalam suasana yang terbatas. Mengingat efek dari wabah Corona yang masih terus menghantui masyarakat dianjurkan untuk bisa jaga jarak antar individu, selalu memakai masker dan benar-benar stay at home (diam di rumah) apabila tidak ada keperluan yang mendesak.


Beberapa orang tidak bisa mudik (pulang kampung) untuk berlebaran bersama keluarga besar dan kemungkinan juga bahwa beberapa masjid tidak menyelenggarakan sholat Id sebagaimana lazim nya pada tahun-tahun sebelumnya. Bahkan menurut kabar-kabar untuk jadwal cuti bersama akan digeser ke bulan Desember bersamaan dengan liburan Natal dan Tahun Baru. Beberapa keramaian mungkin akan berkurang karena himbauan jaga jarak antar individu.

Namun CakSis yakin meskipun tahun ini Hari Raya berlangsung dalam suasana “keterbatasan” tetaplah masyarakat akan antusias menyambutnya. Beberapa Musholla di lingkungan masing-masing akan menyelenggarakan sholat Id dengan jamaah dari lingkungan terdekat.

Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba di tahun 2020. Kita kembali menjadi suci setelah berperang melawan diri sendiri. Taqobballahuminna wa minkum, taqobbal ya Kariim. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal Aidil Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin.