Insya Allah pada tanggal 24 April 2020 adalah bertepatan dengan 1 Ramadhan 1441 H yang jatuh pada hari Jum’at. Bertepatan dengan hari baik, tentunya diharapkan juga bahwa Ramadhan tahun ini bisa menghadirkan suasana keramaian yang dalam waktu ini direnggut oleh wabah virus Corona.

Jelas sekali akan terasa perbedaan nuansa Ramadhan di tahun ini. Dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk sebisa mungkin tidak keluar rumah dan menghindari kerumunan, maka sudah tentu mengurangi suasana keramaian di bulan Ramadhan. Beberapa kebiasaan pada tahun-tahun sebelumnya bisa jadi tidak bisa dilaksanakan seperti jalan-jalan sore sambil mencari menu buka puasa, demikian juga kegiatan di masjid yang juga mengurangi beberapa kegiatan yang bersifat kerumunan atau keramaian para jamaah.


Virus Corona ternyata masih belum bisa dikatakan mereda, namun semua optimis bahwa berkah Ramadhan akan bisa segera menghilangkan virus Corona ini. Ramadhan adalah bulan berkah, bulan yang penuh dengan keagungan dengan semakin digalakkannya kegiatan keagamaan. Meskipun jika memang terpaksa beribadah di rumah, tentunya hal tersebut tidak akan mengurangi keberkahan Ramadhan.

CakSis mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, semoga Allah senantiasa memberikan rahmatNya kepada diri kita, keluarga kita dan seluruh kaum muslimin supaya bisa tetap menata hati untuk tetap bisa Taqarrub Ilallah di tengah wabah penyakit yang saat ini melanda dunia ini. Aamiin.