Tepat di tanggal ini tahun lalu, 26 Desember 2017, adalah hari yang sangat tidak di ingin kan bagi setiap anak, yaitu mendengar kabar kalau ibu kita habis jatuh dan tidak ada seorangpun di rumah, hanya karena beliau berteriak sehingga ada tetangga baik hati yang menolongnya. Sungguh suatu hal yang berat mengetahui dan mendengarnya, tapi ini nyata dan memang harus dihadapi dan dicari solusinya.

Tepat di tanggal 26 Desember 2017, ibu yang membesarkan CakSis beserta 3 saudara yang lain, harus masuk ke rumah sakit terdekat karena habis jatuh di dalam rumah dan ada indikasi terkena serangan stroke. Saat itu Beliau bicaranya sudah tidak jelas dan ada indikasi lumpuh separuh badan sebelah kanan. Tidak ada lagi hari-hari ceria sejak saat itu, tidak ada lagi cahaya penerang di dalam rumah, tidak ada lagi teman dan tempat untuk mencari nasihat.

Stroke adalah suatu kondisi ketika adanya aliran darah yang terganggu ke otak karena tersumbat atau adanya pembuluh darah pecah di daerah otak. Sebagaimana diketahui, otak adalah tempat kesadaran pengendali tubuh. Tanpa adanya aliran darah yang lancar, otomatis asupan oksigen dan gizi pada otak berkurang dan menyebabkan matinya sel-sel syaraf di area otak.

Penyebab stroke pada umumnya adalah karena darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi. Ditambah pada saat usia lanjut, jatuh karena terpeleset di kamar mandi atau di jalan juga jadi salah satu penyebabnya.

Proses penyembuhan stroke bisa memakan waktu yang lama tergantung akibat apa yang disebabkannya. Bisa jadi pada saat proses penyembuhan ini, pasien juga merasa stress karena kondisinya sendiri karena yang terbiasa beraktifitas jadi tidak bisa beraktifitas, yang biasa banyak bicara jadi terbatas bicaranya. Perlu penerapan kasih sayang dan penyabar untuk menemani aktifitasnya.

Jaga kondisi badan dan jangan lupa untuk DONOR DARAH sebagai pencegahan Stroke, Insya Allah.