Air Terjun Tumpak Sewu, Niagaranya Indonesia


 

Musim liburan telah tiba, baik untuk anak sekolah ataupun para pegawai negeri dan swasta. Bersamaan dengan perayaan Natal dan menghadapi Tahun Baru 2024, tentunya akan semakin menambah liburan semakin ramai trerutama di banyak destinasi wisata di seluruh Indonesia. Demikian juga Caksis menghadapi musim liburan ini juga berpikir akan kemana ini enaknya liburan...tidak diajak kemana-mana juga kasihan anaknya, mau diajak kemana pilihannya kalau bisa yang "dekat" dari rumah. Akhirnya atas permintaan anaknya dan setelah menimbang-nimbang, pilihan liburan mengunjungi objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu yang masih di area Kabupaten Lumajang dengan jarak perjalanan hampir 2 jam.

Indonesia, sebagai negeri yang kaya akan keindahan alamnya, menyimpan banyak destinasi wisata yang memukau. Salah satu permata tersembunyi yang menarik perhatian para pelancong adalah Air Terjun Tumpak Sewu, yang terletak di wilayah Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Nama "Tumpak Sewu" sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti "seribu air" atau "seribu pancuran," dan ini sejalan dengan keajaiban alam yang ditawarkan oleh air terjun ini. Selain air mengalir berasal dari aliran sungai diatas tebing, air mengalir di sela-sela bebatuan tebing yang tinggi menjulang.

Air Terjun Tumpak Sewu dikelilingi oleh hamparan hutan dan tebing-tebing curam, menciptakan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan untuk turunnya terdiri dari beberapa tingkatan anak tangga yang cukup memacu adrenalin. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan hanya melihat-lihat saja panorama Air Terjun Tumpak Sewu ini dari atas, atau bisa melakukan kegiatan trekking untuk mencapai lokasi air terjun di dasar tebing.

Perjalanan menuju Air Terjun Tumpak Sewu sampai ke dasar lembahnya menawarkan petualangan melintasi menuruni anak tangga yang cukup curam dan melalui jalur-jalur yang terjal yang memang sudah di atur sedemikian rupa jalurnya oleh warga sekitar. Sepanjang perjalanan turun tersebut para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Tersedia juga pemandu warga lokal yang bersedia untuk mengawal perjalanan melalui jalur yang tepat dengan biaya tersendiri.

Sebelumnya di bulan Desember ada isu kalau Air Terjun Tumpak Sewu ini akan ditutup sementara. Penyebabnya karena adanya beberapa pengaturan pengelolaan yang perlu dibenahi bersama, antara warga sekitar dan pemerintah setempat. Namun rupanya isu itu tidaklah benar karena nyatanya di bulan Desember ini Air Terjun Tumpak Sewu tetap buka dan justru malah lebih ramai pengunjung, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Beberapa wisatawan mancanegara yang Caksis lihat kalau dari bahasanya ada yang dari Malaysia dan Thailand, serta banyak wisatawan mancanegara yang lain yang tentu saja menggunakan bahasa Inggris.


Sebagai daerah wisata dengan kunjungan internasional, ongkos masuk ke Air Terjun Tumpak Sewu ini termasuk murah di kantong. Cukup membayar ongkos parkir kendaraan dan biaya masuk sebesar 10 ribu per orang serta biaya opsional untuk menyewa guide lokal bagi yang ingin menikmati Air Terjun Tumpak Sewu langsung ke dasar lembah. Selain itu di sekitar lokasi juga terdapat banyak warung-warung warga lokal dengan harga yang wajar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Youtube Channel Image
Caksis.com Jangan lupa Subscribe ya ke channel Youtube Caksis NgeVlog
Subscribe