Fiqih Anak

Arti kata Fiqih dari sisi bahasa artinya paham atau pemahaman. Dan menurut para ulama salaf mendefinisikan Ilmu Fiqih adalah ilmu yang mempelajari hukum-hukum syar’i yang sifatnya amaliyah serta hukum tersebut di istinbat atau digali dari dalil-dalil yang terperinci.

Ilmu Fiqih penting untuk bisa diajarkan sejak anak usia belia karena hukum-hukum syar’i yang sifatnya amaliyah dalam ilmu Fiqih ini akan terus terpakai selama hidup kita. Apalagi usia masih anak-anak lebih mudah untuk bisa menghafal baik melalui bacaan, gerakan atau berupa gambar.

Terus terang kalau membahas ilmu agama ini, CakSis belumlah pantas untuk bisa membahas secara detail. Takut salah juga efeknya jadi bisa membuat salah juga untuk yang membaca blog ini. Apalagi membahas ilmu Fiqih yang memang bisa dikatakan sebagai pijakan kita untuk melaksanakan amal ibadah kita. Namun kali ini bukan soal itu yang utama dibahas, hanya saja CakSis menginformasikan kalau beberapa waktu lalu, aplikasi “Seri Ebook Fiqih Anak 2020” telah release di Google Play Store.

Dalam aplikasi berupa Ebook ini sebenarnya bacaan untuk anak-anak karena penyampaian dalam Ebook ini dalam bentuk bergambar dengan ilustrasi warna-warni yang dominan disukai anak-anak. Pembahasan tentang praktik bersuci, tata cara sholat dan termasuk zakat juga ada dalam Ebook ini.

Ebook ini bukanlah karya asli CakSis. Disini CakSis hanya membuatnya untuk menjadi sebuah aplikasi yang bisa dibaca di handphone, sehingga lebih fleksibel bisa dibaca dimana saja. Masih ada hubungan dengan postingan sebelumnya, yaitu tentang Menjadi Seorang Developer yang memang ini adalah aplikasi kedua yang berhasil release. Tentu saja masih tetap mengandalkan sekedar merubah dan menambah beberapa bagian dari sekedar source code yang ada.

Tentu saja apa yang CakSis berikan disini masih jauh dari sempurna untuk bisa dikatakan sebagai Buah Karya. Materi yang ada juga masihlah jauh dari kata sempurna. Tetaplah disini tujuannya adalah Belajar untuk menjadi bisa dan memahami serta bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berikut link aplikasi “Seri Ebook Fiqih Anak 2020”, semoga bermanfaat untuk anak-anak kita semuanya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Youtube Channel Image
Caksis.com Jangan lupa Subscribe ya ke channel Youtube Caksis NgeVlog
Subscribe